Blogs

Mau Beli Buah Semangka yang Segar dan Manis? 5 Ciri-ciri Ini Harus Kamu Kenali Dulu Tribun Jateng

on May 02 at 03:15 PM
 
Semangka
TRIBUNJATENG.COM - Masuk musim panas seperti saat ini penjual semangka jumlahnya akan lebih banyak.
Buah yang berair banyak ini memang menjadi buah pilihan yang tepat saat cuaca panas.
Terkadang, semangka yang kita beli, tidak seperti contoh semangka yang telah dipotong oleh pedagangnya.
Dilansir dari situ fifteenspatulas.com dan thekitchn.com, agar traveler tidak “tertipu”, 5 kiat dibawah ini bisa membantu kamu untuk mendapatkan semangka yang manis dan menyegarkan.
1. Lihat bidang kuning pada kulitnya
 
O
Bidang kuning pada kulit semangka biasanya terlihat di bagian bawah buah tersebut.
Semangka yang matang selalu memunculkan warna kekuningan tersebu, bukan berwarna putih.
2. Ada guratan cokelat atau abu-abu di bagian bawah
 
H
Guratan cokelat seperti tenunan di semangka menandakan sering dihinggapi lebah sebagai bagian dari penyerbukan bunganya.
Semakin banyak guratan itu, semangka semakin manis.
3. Semangka ‘cowok’ dan semangka ‘cewek’
 
P
Tidak banyak yang tahu jika petani semangka membedakan buah berair itu berdasarkan gender juga.
Contohnya, semangka ‘cowok’ biasanya berukuran lebih besar dan bentuknya lonjong.
Semangka cowok lebih banyak airnya.
Sementara semangka cewek yang berbentuk bundar, rasanya lebih manis dibandingkan semangka cowok.
4. Perhatikan ukurannya
Jangan pilih semangka paling besar atau paling kecil.
Pilihlah semangka berukuran sedang atau rata-rata.
Catat, ya: ukuran besar atau kecil, semangka tetap saja terasa berat saat ditimbang.
5. Lihat batang atau ekor semangka
 
J
Ekor semangka yang mengering menandakan buah itu sudah matang.
Sementara ekor semangka yang masih hijau bisa menjadi 2 kemungkinan, yaitu semangka itu belum matang atau terlalu cepat dipanen.
BACA SUMBER LAPORKAN
 616
 
REKOMENDASI ARTIKEL
Ini Makanan Lezat Namun Mematikan, No 5 Banyak Disantap Masyarakat Indonesia
Jangan Buang Bagian Sayuran ini, Bisa Ditanam dan Tumbuh Lagi!
HOT  BARU
 
Iron Man
04-04 00:03
Ini bru namanya informasi bagus..
61  0
 
Komentator Sejati
04-04 03:21
Artikel yg bermanfaat nih min.. Mksh. Mimin tukng semangka yaaaa..
26  0
 
Superman
04-08 17:41
Seumur hidup baca UC...ini bermanfaat. No Sara, No Politik...
16  1
 
Batman
04-04 11:47
sip makasih , bikin artikel tentang buah yg lain min
15  0
 
Batman
04-03 23:39
thanks infonya kak...
15  0
 
Spiderman
04-04 01:00
Bagus bagus yg berikutnya buah duren ya
11  0
 
Firdha Susanto
04-06 16:17
Baru tau ternyata begitu cara milih semangka. Nice information, thank you....
9  0
 
Hulk
04-08 12:34
rasa manis pada buah semangka skrg bukan dari tua muda nya semangka tapi dari pupuk yg digunakan dan jenis tanah sbg media tanamnya klu tanah berpasir semangka kurang manis tp besar, klu tanah hitam semangja manis tp tdk sbrapa besar
4  0
 
Superhero
04-04 14:48
ini baru informasi Masi bagus
5  0
 
Pengguna
04-04 11:48
ini baru bagus...informasi keren
5  0
 
zilo
04-17 01:58
sering liat di pinggir jalan banyak yg jual semangka 4rb/kg tapi takutnya ga bisa milihnya
3  0
 
Iron Man
04-04 17:12
aku suka semangka,, sering ketipu,, aku beli semangka tapi dapatnya melon.
3  4
 
Zombie
04-19 10:16
ane pernah beli semangka yg bawahnya warna kuning, ibu ane asal ngambil bawahnya warna putih, tp kok warna putih lebih manis, jadi gk jaminan min sarmin, dan ane beli lagi tanpa milih2 ternyata manis semua, gmn tu min sarmin
1  0
 
????????????
04-06 23:39
makasih infonya... soalnya aku kadang beli2 aja gk tau mana manis mana enggak soalnya gk boleh d coba.
1  1
 
Komentator Sejati
04-05 02:33
ni bnerr, tetanggaku petani smangka. saya udah tau cara piliihnyaa,.. ni bru bner ni. nice min
2  0
 
Ceriwis
04-15 01:03
klu di tepuk kulitnya berbu nyi nyaring dan tidak padat/tidak antep
2  0
 
Iron Man
04-20 23:12
tambahan, semangka yg matang jika kita pukul2/tepuk2 maka rasanya spt kita menepuk2 balon isi air..jika rasanya masih keras2 maka blm matang
1  1
 
Zombie
04-09 09:44
kurang satu , kalo jatuh dari lemari 

Comments (0)